Personal Selling
perpustakaan
Personal selling , Nickels dalam
Basu (2009,260) memberikan definisi personal selling sebagai “interaksi antar
individu, saling bertemu muka, yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki,
menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan
dengan pihak lain”.
Cara kerja personal selling yang
harus bertemu langsung dengan pelanggan menuntut sikap mereka lebih bijaksana,
diplomatis, dan pandai bergaul dibandingkan dengan staf lain pada perusahaan yang
sama.
Sutisno (2003) melihat bahwa
personal selling memiliki peran penting dalam kaitanya dengan strategi
pemasaran perusahaan sebagai berikut.
1.
Menyampaikan pesan yang kompleks kepada
konsumen/pelanggan potensial mengenai kebijakan dan produk perusahaan.
2.
Mengadaptasi penawran dan daya tarik promosional
produk untuk kebutuhan unik dan konsumen yang spesifik.
3.
Membujuk pelanggan bahwa produk perusahaan
memililki sisi yang lebih positif dari pada perusahaan.
Mengacu pada cara kerja personal
selling yang begitu berat, Setiadi (2003) menyarankan langkah-langkah strategis
untuk menyukseskan pekerjaan persolanal selling, yakni :
a.
Prospecting the consumer, kemungkinan terburuk
dari sebuah penjualan langsung adalah berupa penolakan oleh calon konsumen
b.
Opening the relationship, tahap ini merupakan
langkah awal penjual dalam mendekati konsumen penjualan, yaitu siapa yang
palong bertanggung jawab atas pembelian terhadap produk, dan kemamp[uan untuk
memprediksi apakah target pelanggan merupakan pelanggan yang benar-benar akan
membeli produk yang akan ditawarkan.
c.
Qualifiying the prospect, langkah ini menuntut
tenaga penjualan untuk dapat memprediksi apakah pelanggan yang akan mendapat
persentasi benar-benar pelanggan potensial atau tidak.
d.
Presenting the sales massages, menyajikan pesan
penjualan harus dilakukan oleh tenaga penjualan.
e.
Servicing account, bagaimana mengupayakan agar
pelanggan mau membeli lagi produk yang ditawarkan padanya.
Langkah-langkah tertentu dalam
melakukan penjualan yaitu :
1.
Communicating, merupakan komunikasi dengan
pelanggan yang sekarang masih setia melanggan dan pelanggan yang secara
potensial akan tetap loyal pada organisasi/lemabaga.
2.
Selling, istilah selling tidak hanya mrngacu
pada pembelian saja, namun juga menjalin kontak dengan pelanggan setia.
3.
Servicing, menyediakan dukungan dan layanan pada
pelanggan pada saat pengantar pesanan serta setelah penjualan
4.
Information gathering, mendapatkan informasi
mengenai pasar sampai umpan balik pada proses perencanaan pemasaran
5.
Allocating, dalam waktu tertentu tugas penjualan
harus memiliki kekuatan untuk menentukan ketersediaan stock yang dialokasikan.
Menurut Basu (2009) personal
selling memiliki banyak fungsi, diantaranya :
1.
Mengadakan analisa pasar,ketika penjual bertemu
langsung dengan pelanggan, sebenarnya langsung atau tidak langsung penjual
telah melakukan analisa pasar.
2.
Menentukan calon konsumen
3.
Mengadakan komunikasi
4.
Memberikan pelayanan
5.
Memajukan langganan
6.
Mempertahankan langganan
7.
Mengidentifikasi masalah
8.
Mengatasi masalah
9.
Mengatur waktu
10.
Mengalokasikan sumber-sumber.
11.
Meningkatkan kemampuan diri.
Personal selling di perpustakaan,
merupakan interaksi antar individu, saling bertemu muka, yang ditunjukan untuk
konsumen/pelanggan guna meciptakan, memperbaiki, menguasai, atau memelihara
hubungan pertukaran yang salling menguntungkan dengan pihak lain, seperti
pelanggan perpustakaan. Personal selling untuk jasa perpustakaan memiliki
keuntungan, cara ini memungkinkan staf perpustakaan dapat berkomunikasi
langsung dengan pelangganya. Perpustakaan dapat menyampaikan apa yang dimiliki,
yang meliputi layanan, kegiatan, maupun koleksinya. Demikian juga pelanggan berkesempatan
untuk dapat member masukan pada perpustakaan mengenai kegiatan yang selama ini
diadakan, apakah benar-benar member kemanfaatan pada mereka atau tidak,
sekaligus mereka dapat member masukan perpustakaan mengenai apa yang ingin
mereka dapatkan dari perpustakaan, termasuk di dalamya mereka dapat
menyampaikan koleski macam apa yang mereka butuhkan untuk memenuhi kebutuhan
informasi mereka. (modul Pemasaran Jasa Informasi Perpustkaan; PUST4312)
ini halaman berapa ya di modul kok gak pernah liat?
BalasHapus